BPK Perwakilan Sulawesi Selatan Raih Penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan

BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik kategori Kepatuhan Laporan Tahunan ke Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo. kepada Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Sulawesi Selatan, ibu Dra. Zuhria S M.M. Acara penghargaan ini diselenggarakan di Baruga Karaeng Patingalloang, jalan Sungai Tangka, Makassar pada Jumat (21/12/2018).

Dalam acara tersebut, KI Sulsel juga memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota yang masuk dalam peringkat lima besar dalam keterbukaan informasi publik. Daerah yang masuk lima besar pemeringkatan mendapatkan sertifikat penghargaan, adapun lima daerah tersebut adalah Kabupaten Luwu Utara dengan skor 92,8, kedua Kabupaten Bone 86,06, ketiga Kabupaten Sinjai 80,15, keempat Kota Parepare 72,72 dan peringkat kelima Kabupaten Bantaeng dengan skor 65,82.

Dalam acara tersebut, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan Pemprov Sulsel mengapresiasi kerja-kerja KI Sulsel dalam menerapkan keterbukaan informasi di Sulsel. Sementara itu, Ketua KI Sulsel Pahir Halim menjelaskan penganugerahan pemeringkatan keterbukaan informasi ini untuk kedua kalinya digelar. KI Sulsel berkomitmen kuat untuk melaksanakan tradisi positif ini. Ke depan diharapkan pemeringkatan dilakukan bukan hanya kepada badan publik daerah, namun juga lembaga pemerintah lainnya dan badan publik non negara. Ketua KI Pusat yang juga hadir dalam acara itu, Arief Adi Kuswardono menekankan, di era otonomi daerah saat ini, keterbukaan informasi menjadi ujung tombak pelayanan. Berdasarkan pengalamannya sebagai Ketua KI, daerah atau lembaga yang sejak awal menerapkan keterbukaan informasi akan lebih berkembang dan maju.

Sejumlah kepala daerah, terkhusus yang daerahnya masuk lima besar hadir pada acara tersebut. Diantaranya, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Walikota Parepare Andi Taufan Pawe, Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong.

BUKA INFORMASI RAWAT DEMOKRASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *