Jum'at, 22 September 2017 

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

01/06/2017 – 10:21

pancasila bpk sulselMakassar, 1 Juni 2017 – Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila pada hari Kamis 1 Juni 2017. Upacara yang digelar di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan ini diikuti oleh seluruh pegawai. Sebagai Inspektur Upacara Kepala Subauditorat Sulsel I Andi Sonny dan Darwis Wahab sebagai komandan Upacara.

Inspektur Upacara membacakan Pidato sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama, dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita.

Pidato sambutan Presiden ditutup dengan ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia. Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia. Saya Pancasila.